Catat! Ini Cedera Yang Sering Dialami Oleh Atlet Olahraga Professional

February 9, 2021
Share
Catat! Ini Cedera Yang Sering Dialami Oleh Atlet Olahraga Professional

Bagi seorang atlet olahraga, cedera merupakan hal yang tidak dapat dihindari, dan menjadi momok yang menakutkan untuk para atlet profesional, bahkan banyak atlet yang memutuskan untuk pensiun dini akibat cedera yang berkepanjangan.

Menurut Spesialis Orthopaedic & Traumatology serta konsultan sport injury dari Royal Sport Medicine Centre, dr. Evan, M.Kes, Sp.OT(K), FICS ada 3 jenis cedera olahraga yang sering dialami oleh atlet professional.

  1. Cedera Ligament

    Cedera yang sering terjadi adalah sprain dan strain serta ligament nya putus pada organ tubuh yang sering dialami yakni lutut atau yang biasa disebut Anterior Cruciate Ligament (ACL).
    Untuk mengatasi cedera ACL membutuhkan intervensi lebih lanjut.

  2. Cedera Otot

    Untuk cedera ini, yang sering dialami adalah robekan pada otot, namun dapat dilihat terlebih dahulu seberapa besar presentase robekan tersebut. Jika terjadi robekan lebih dari 50 persen maka harus dilakukan intervensi, dan jika robekan kurang dari 50 persen maka hanya dilakukan fisioterapi.

  3. Cedera pada patah tulang

    Cedera ini bisa juga dinamakan fracture, penanganan pada patah tulang bisa dilakukan dengan metode pemasangan gips dan tindakan operasi tergantung pada jenis patahan pada tulang tersebut.

Jika kalian memiliki indikasi cedera seperti yang sering terjadi pada atlet olahraga, silahkan konsultasikan segera ke dokter cedera olahraga di Royal Sport medicine Centre.

Narasumber

Foto dr. Evan, M.Kes, Sp.OT(K), FICS
dr. Evan, M.Kes, Sp.OT(K), FICS
Dokter Spesialis Orthopaedic & Traumatology, Konsultan Sport Injury