Tindakan PCI, Cegah Serangan Jantung Berulang

April 4, 2022
Share
Tindakan PCI, Cegah Serangan Jantung Berulang

PCI adalah prosedur terapi untuk membuka penyempitan (stenotic) pembuluh darah arteri jantung pada kasus penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh terjadinya penumpukan kolestrol pada dinding pembuluh darah. Akibat dari penumpukan kolestrol ini, aliran darah menjadi tidak lancara dan fungsi jantung menjadi terganggu. Sehingga berpotensi menyebabkan serangan jantung. Karena itu, PCI dilakukan untuk membuka titik sumbatan agar aliran darah kembali lancar.

PCI atau Percutaneous Coronary Intervention juga dikenal dengan sebutan Coronary Angiopasty. PCI perlu dilakukan bagi pasien yang mengalami penyumbatan atau penyempitan arteri meskipun sudah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mengonsumsi obat, tapi masalah jantung tetap ada, kerap merasa nyeri dada dan sudah mendapat serangan jantung. PCI menggunakan beberapa metode dalam membuka sumbatan pada:

  1. Angioplasti balon:
    balon khusus dipompa di arteri koroner yang tersumbat untuk meratakan plak dan meningkatkan aliran darah, setelah itu balon dikempiskan dan dikeluarkan
  2. Stent:
    pemasangan stent atau ring jantung di dalam arteri setelah angioplasti untuk menjaga arteri tetap terbuka
  3. Aterektomi:
    bagian arteri yang tersumbat dipotong dengan alat kecil menggunakan kateter

Proses PCI dilakukan dengan memasukkan kateter yang telah dilengkapi balon khusus dan stent yang diarahkan ke titik terjadinya penyumbatan di dalam pembuluh darah arteri untuk membuka penyumbatan tersebut dan mengembalikan aliran pembuluh darah arteri ke jantung.

Tindakan ini biasanya dilakukan oleh dokter kardiologi intervensi. Dengan dilakukannya primary PCI, gejala dari penyakit jantung koroner, seperti nyeri dada (angina), sesak nafas (dyspnea) dan Congestive Heart Failure dapat dikurangi dan bahkan dihilangkan.

Konsultasikan seluruh keluhan Anda ke dokter spesialis kami! Jangan tunda, ingat penanganan penyakit jantung membutuhkan tindakan yang cepat, karena setiap detik berharga!

Konsultasi dengan Dokter Kami

dr. William Sanjaya, SpJP (K), FIHA
Konsultan Kardiologi Intervensi (Kateterisasi dan Stent)
Buat Janji
dr. Juliaty Esther D. Siagian, SpJP, FIHA
Spesialis Jantung & Pembuluh Darah
Buat Janji
Prof. Dr. dr. Daldiyono H, SpPD-KGEH
Konsultan Gastroenterologi-Hepatologi
Buat Janji