Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Fit!

May 12, 2022
Share
Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Fit!

Hingga sekarang, penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Penderitanya sering tak menduga jika dirinya idap penyakit jantung hingga saat serangan terjadi. Maka dari itu, kesehatan jantung perlu sekali untuk dijaga.

Untuk itu, di sini akan membahas beberapa cara menjaga kesehatan jantung sehingga dapat terhindar dari sakit jantung coroner.

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Jantung

1. Rutin Olahraga

Olah raga atau paling tidak lakukan aktivitas fisik yang ringan dengan rutin bisa menolong jantung untuk tetap sehat. Ketika berolah raga, dari pemanasan, jantung akan pompa darah dengan lebih deras sehingga semua pembuluh darah jadi lebih lentur. Selain itu, oksigen akan terdistribusi dengan lancar ke seluruh tubuh sehingga membuat Anda menjadi merasa lebih bugar.

2.Jaga Pola Makan Sehat

Memperhatikan pola makan, apa saja yang dikonsumsi tiap hari. Apakah itu makanan sehat, atau makanan-makanan banyak garam, gula, dan lemak? Salah satu yang menjadi penyebab dari sakit jantung adalah berbagai makanan yang tingkat garam dan lemaknya tinggi seperti makanan cepat saji, sosis, daging asap, serta makanan-makanan yang diolah dengan deep fry. Jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat, mulailah untuk konsumsi berbagai makanan segar seperti berbagai macam sayuran, kacang-kacangan, serta ikan salmon.

3. Jaga Berat Badan Ideal

cara menjaga kesehatan jantung berikutnya adalah menjaga berat badan yang ideal. Jaga berat badan ideal tak hanya akan buat Anda menjadi lebih sehat, tapi juga akan memudahkan untuk bergerak serta tampak lebih menarik. Batasi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula dan garam. Selalulah kontrol berat badan dengan rencanakan menu makan mingguan sehat.

4. Kontrol Kadar Kolesterol di dalam Darah

Hal yang perlu untuk Anda perhatikan selanjutnya guna jaga kesehatan jantung adalah dengan kontrol kadar kolesterol di dalam darah. Anda bisa untuk lakukan ini dengan lakukan cek darah rutin di rumah sakit ataupun mandiri dengan berbagai kit dijual di pasaran.

5. Minum Air Putih dengan Rajin

Tahukah kamu jika rajin minum air putih bisa turunkan risiko terkena sakit jantung hingga 54% pada pria, serta 41% pada perempuan. Hal ini karena air bisa melarutkan kandungan garam di dalam darah sehingga meringankan kerja dari jantung di dalam pompa darah segar ke seluruh tubuh.

Secara umum, kebutuhan air dalam tubuh bisa dicek dengan perhatikan warna urin. Jika urin berwarna pekat, artinya tubuh perlukan air yang lebih banyak. Minum air setiap hari 8 gelas merupakan kebiasaan yang sepele, tapi berikan manfaat besar untuk tubuh dan jantung.

6. Berhenti Merokok

Peringatan yang ada di bungkus rokok bukanlah tanpa alasan. Menurut WHO, ada sekitar 1,9 juta orang tiap tahun meninggal karena sakit jantung yang terkait penggunaan tembakau. Nikotin serta karbon monoksida di rokok tak hanya rusak paru-paru, tapi juga bahaya sekali untuk jantung manusia. Jika Anda ingin punya jantung sehat, maka berhentilah untuk merokok dari sekarang.

7. Istirahat Cukup

Jantung tak hanya bekerja dengan lebih keras ketika kekurangan air dan asupan gizi, tapi juga dipengaruhi sekali oleh tingkat tekanan darah dan stress. Ketika Anda paksakan tubuh hingga keluar batas, ada banyak bagian di dalam tubuh yang akan menjadi terganggu, apalagi jantung. Maka dari itu, istirahatlah dengan cukup untuk pastikan jika metabolisme berjalan dengan optimal, stress terkelola lebih baik, serta tekanan darah normal.

Jaga kesehatan jantung merupakan hal penting. Maka dari itu, cara menjaga kesehatan jantung pun harus Anda terapkan mulai dari sekarang. Segera lakukan konsultasi saat dirasa adanya keluhan tentang jantung Anda. Ingat, jangan tunda! Karena setiap detik berharga untuk kesehatan jantung Anda!

Konsultasi dengan Dokter Kami

dr. William Sanjaya, SpJP (K), FIHA
Konsultan Kardiologi Intervensi (Kateterisasi dan Stent)
Buat Janji
dr. Juliaty Esther D. Siagian, SpJP, FIHA
Spesialis Jantung & Pembuluh Darah
Buat Janji
Prof. Dr. dr. Daldiyono H, SpPD-KGEH
Konsultan Gastroenterologi-Hepatologi
Buat Janji