Memahami Pentingnya Golden Hour Serangan Jantung

July 11, 2022
Share
Memahami Pentingnya Golden Hour Serangan Jantung

Golden hour serangan jantung merupakan waktu yang sangat penting setelah serangan jantung menyerang. Pada umumnya tindakan yang sangat tepat untuk menangani seseorang terkena serangan jantung adalah ketika 60 menit pertama setelah serangan jantung. Taruhannya nyawa seseorang berada pada masa golden hour tersebut, dan menghubungi Tim Instalasi Gawat Darurat (IGD/Emergency) sangatlah krusial.

Apabila anda yang terkena serangan jantung dan sudah berada dalam perawatan rumah sakit di masa golden hour ini maka kemungkinan untuk sembuh sangat besar. Jadi golden hour adalah waktu penentu yang berdampak pada kelangsungan hidup seseorang setelah terjadinya serangan jantung.

Penyebab Terjadinya Serangan Jantung

Pada umumnya serangan jantung terjadi karena otot jantung mulai mati dalam kurun waktu 80-90 menit setelah berhenti mendapatkan oksigen. Apabila terjadi selama 6 jam makan semua bagian jantung yang terkena dapat rusak secara permanen.

Apabila semakin cepat aliran darah normal yang terbentuk lagi, maka semakin sedikit kerusakan yang terjadi pada jantung. Untuk mengurangi kerusakan tersebut maka sangat perlu untuk membawa ke rumah sakit secepat mungkin.

Pembunuh paling umum pada serangan jantung selain akibat dari kerusakan otot jantung adalah irama jantung abnormal yang biasa disebut dengan Takikardia Ventrikel dan Fibrilasi Ventrikel. Ini adalah otot-otot jantung yang berkontraksi dengan cepat akan tetapi tidak terjadi adanya pemompaan darah yang dilakukan oleh jantung.

Apabila anda mengamati, mengapa ketika seseorang ketika sudah sampai di ambulans atau rumah sakit mereka akan segera di pasang monitor EKG untuk menilai irama jantung seseorang. Dengan begitu mereka dapat diberikan perawatan khusus jika terjadi irama yang tidak normal, dan pemberian obat- obatan tertentu.

Tanda Awal Serangan Jantung

Anda perlu mewaspadai tanda-tanda yang mengarah pada serangan jantung:

  1. Rasa berat atau ada tekanan atau sensasi terbakar pada dada ketika sedang beristirahat atau melakukan aktivitas.
  2. Sesak nafas
  3. Sakit perut dan kembung yang biasanya  berhubungan dengan tingkat keasaman lambung.

Mencegah Serangan Jantung

Lalu bagaimana cara mencegah serangan jantung yang baik dan benar adalah meskipun anda tidak bisa menghindari dari penyakit ini, setidaknya serangan jantung ini masih bisa anda cegah dengan berbagai cara yang sederhana. Sebenarnya caranya sangat mudah dilakukan , anda hanya perlu membiasakan diri untuk selalu menjalani pola hidup dan pola makan yang sehat. Sebisa mungkin, anda selalu menghindari semua hal yang bisa menimbulkan stress

Yang paling penting adalah anda harus selalu menghindari kebiasaan buruk seperti mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok. Dan anda juga harus selalu rutin berolah raga, terutama olahraga khusus kesehatan jantung yaitu kardiovaskular yang sangat baik untuk kesehatan jantung anda.

Apabila anda memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol maka sebaiknya segera melakukan penanganan agar tidak memicu efek negatif pada jantung. selalu imbangi dengan mengatur pola makan yang sehat dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak jahat.

Dan bagi anda yang mengalami serangan jantung, ternyata masih bisa mendapatkan kesempatan emas untuk hidup dengan memahami tentang cara atau pertolongan pertama ada serangan jantung dengan baik dan benar. Dan melakukan penanganan yang tepat setelah serangan jantung terjadi. Dan jangan lupa untuk segera menghubungi (IGD/Emergency) RS Royal Progress untuk mendapatkan bantuan medis agar penanganan lebih intens dapat dilakukan supaya bisa cepat menangani serangan jantung.