Pertolongan Pertama Serangan Jantung Yang Wajib Dilakukan

July 12, 2022
Share
Pertolongan Pertama Serangan Jantung Yang Wajib Dilakukan

Jangan sepelekan penyakit yang satu ini Anda harus sigap dalam memberikan Pertolongan pertama serangan jantung. Serangan jantung dapat menyerang siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Maka, penting bagi setiap orang untuk selalu waspada dan siap dalam menangani penyakit tersebut. Meskipun dengan harapan besar semua orang sudah pasti menginginkan dirinya untuk sehat.

Nah, kira-kira bagaimana langkah dalam melakukan Pertolongan pertama serangan jantung? Kita akan membahas penjelasan selengkapnya pada ulasan berikut ini, simak dan ikuti terus!

Apa Itu Serangan Jantung?

Secara umum yang perlu Anda ketahui serangan jantung merupakan sebuah kondisi medis yang gawat atau serius ketika pasokan darah menuju jantung tiba-tiba terhenti. Atau biasa dalam dunia medis dikenal dengan infark miokard (gagal jantung). Dengan kurangnya pasokan aliran darah ke jantung dapat menyebabkan rusaknya otot jantung. Maka dari itu Kita harus benar-benar mewaspadai dan menjaga kesehatan dari kondisi sedemikian rupa.

Sebab-Sebab Serangan Jantung

Sebelum Anda mengetahui bagaimana caranya melakukan tindakan pertama serangan jantung pahami terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab dari serangan jantung. Penyebab serangan jantung yang utama menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang menyuplai makanan ke otot jantung atau biasa disebut dengan pembuluh darah coroner.

Sumbatan tersebut bisa beraneka ragam antara lain:

  • Menumpuknya plak di dalam pembuluh darah
  • Sobekan dinding jantung
  • Menumpuknya lemak (kolesterol)
  • Pembekuan darah pada lokasi tumpukan plak
  • Terjadinya kejang dan penyempitan pembuluh darah yang mengganggu aliran darah, dan lain-lain.

Gejala Serangan Jantung

Sesudah Anda mengetahui pengertian serangan jantung secara garis besarnya dan apa saja yang menjadi penyebab serangan jantung. Maka, selanjutnya yang harus diketahui adalah gejala-gejala yang menandai adanya serangan jantung. Biasanya yang sering terjadi dan menjadi gejala utama serangan jantung adalah merasakan sakit ringan atau kondisi tidak nyaman pada bagian dada.

Namun, ternyata tidak semua orang merasakan gejala yang sama misal pada tingkat kenyeriannya. Ada yang nyeri ringan, dan ada pula yang nyeri berat artinya sangat sakit dan jika berlangsung lebih dari 5 menit kemungkinan besar adalah gejala serangan jantung.

Di bawah ini adalah gejala pada orang dengan serangan jantung:

  • Nyerinya seperti datang dan pergi
  • Nyeri merambat sampai leher, punggung, rahang, dan perut
  • Nyeri dada seperti ditekan rasanya kencang dan penuh
  • Nyeri menjalar pada bagian lengan bisa lengan kanan atau kiri, umumnya bagian kiri

Ternyata gejala nyeri tersebut juga diikuti oleh tanda-tanda lainnya: berkeringat banyak, sesak napas, jantung berdegup kencang, lemas pada anggota tubuh atau Lelah akut, mual dan muntah, bahkan pingsan.

Jika sudah melihat atau merasakan seseorang dengan gejala-gejala tersebut maka bagaimana tindakan Pertolongan pertama serangan jantung?

Tindakan Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Meskipun serangan jantung dapat mematikan dengan munculnya berbagai gejala serangan jantung, seorang pasien masih dapat terselamatkan jika secepatnya ditangani.

1. Segera Hubungi IGD RS Terdekat

Untuk memberikan pertolongan pertama pada seseorang dengan serangan jantung adalah segera menghubungi Instalasi Gawat Darurat (IGD/Emergency) RS terdekat. Atau Anda dapat menghubungi orang terdekat untuk secepatnya membawa ke rumah sakit. Pastikan jangan sampai mengemudi sendirian karena dapat membahayakan nyawa Anda.

Salah satunya Anda dapat menghubungi atau membawanya ke . Secepatnya tim medis kami akan membantu Anda dalam mengatasinya, baik menjemput sampai memberikan pertolongan pertama.

2. Longgarkan Pakaian

Ketika Anda sudah merasa nyeri di dada karena serangan jantung longgarkan pakaian yang dikenakan. Hal ini untuk membantu Anda agar tidak semakin terasa sesak napas, terlebih lagi jika pakaian yang dikenakan ketat.

3. Jangan Panik Berlebih

Mungkin beberapa langkah dalam mengatasi suatu masalah yang utama adalah jangan sampai panik berlebih. Dengan panik berlebihan justru akan memperparah kondisi, berusahalah untuk tetap tenang dan yakin semua akan bisa segera teratasi. Anda dapat berpikir logis dan mengatur strategi yang harus dilakukan seperti segera telepon pihak RS untuk mendatangkan tim medis maupun ambulans.

4. Konsumsi Aspirin atau Nitrogliserin

Berikutnya untuk melakukan Pertolongan pertama serangan jantung dengan mengonsumsi aspirin. Karena serangan jantung disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah maka aspirin ini adalah obat yang tepat untuk mencegah adanya gumpalan darah. Sembari menunggu penanganan tim medis, Anda sudah ada usaha sendiri dalam mengatasinya.

Nitrogliserin hampir sama fungsinya sebagai alternatif cara mengatasi serangan jantung secara mandiri. Adanya obat ini dapat meredakan angina yang disebabkan oleh serangan jantung. Sama halnya dengan Aspirin pastikan sebelumnya Anda sudah diresepkan oleh dokter dalam mengonsumsi kedua obat tersebut.

5. Berikan Bantuan CPR

Jika Penderita sampai tidak sadarkan diri dapat diberikan bantuan CPR atau teknik memberi napas buatan/teknik kompresi dada yang benar.

Jika Anda tidak sebagai penderita dan melihat keluarga, tetangga atau teman yang mengalami hal sedemikian rupa pastikan untuk tidak meninggalkannya sendirian. Anda juga dapat membantu pasien serangan jantung untuk duduk, istirahat, dan menenangkannya sambil menunggu penangan tim medis. Jangan memberikan penanganan yang sembarangan, jikalau harus memberinya obat pastikan juga sudah diresepkan oleh dokter. Karena dengan membantu orang yang terkena serangan jantung sangatlah penting dalam menyelamatkan nyawa penderita.

Demikian penjelasan mengenai Pertolongan pertama serangan jantung, Anda bisa menghubungi jika melihat maupun merasakan tanda serangan jantung untuk memproleh perawatan yang tepat.