Mengenal Operasi Lutut Mulai dari Definisi, Indikasi dan Prosedurnya

April 19, 2024
Share
Mengenal Operasi Lutut Mulai dari Definisi, Indikasi dan Prosedurnya

Masalah lutut bisa menyerang siapa saja. Terlebih lutut sendiri adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering Anda gunakan. Pengobatan untuk masalah lutut sendiri cukup beragam, salah satunya adalah dengan operasi lutut.

Akan tetapi tindakan operasi tersebut biasanya baru akan Anda jalani bila kondisi dari lutut memang sudah parah. Jadi proses operasi atau bedah ini tidak semata-mata langsung bisa Anda lakukan karena memiliki masalah lutut saja.

Ada banyak faktor yang menjadi bahan pertimbangan apakah tindakan operasi memang dibutuhkan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang indikasi, proses hingga resiko dari pergantian lutut atau lebih tepatnya penggantian sendi lutut dengan operasi.

Jenis Operasi Penggantian Sendi Lutut

Operasi bisa didefinisikan sebagai suatu prosedur operasi yang mampu meredakan rasa sakit dan mengembalikan fungsi gerak pada bagian sendi lutut yang mengalami masalah muskuloskeletal seperti arthritis.

Operasi pada lutut sendiri secara umum ada tiga jenisnya seperti berikut ini:

1. Operasi Secara Total

Operasi Lutut Total
Operasi Lutut Total

Pada jenis ini dokter akan melakukan pergantian pada semua bagian sendi lutut Anda. Pergantian ini sudah termasuk tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang paha hingga tulang betis.

Dokter akan mengganti semuanya dengan sendi palsu. Adapun sendiri palsu yang digunakan biasanya terbuat dari polimer atau plastik dan logam.

2. Operasi Lutut Unilateral

Operasi Lutut Parsial
Operasi Lutut Parsial

Pada operasi lutut parsial prosedurnya hanyalah untuk melakukan pergantian pada bagian tulang dan sendiri yang mengalami masalah saja.

Apabila ada peradangan yang menyebar ke bagian lutut lainnya biasanya ada resiko Anda perlu menjalani operasi lagi.

3. Operasi Lutut Bilateral

Operasi lutut bilateral dilakukan demi mengganti kedua lutut pada waktu yang bersamaan. Jenis operasi ini umumnya berlaku pada Anda yang mengalami radang sendi pada bagian kedua lutut sekaligus.

Sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur operasi seorang dokter akan menilai lebih dulu kemampuan gerak dari lutut Anda. Lebih dari itu dokter juga akan mempelajari kekuatan lutut dan stabilitasnya dulu.

Pemeriksaanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan sinar X-ray atau rontgen untuk mengetahui kerusakan yang terjadi. Adapun bila memang perlu operasi dokter akan memilih teknik yang paling sesuai dengan masing-masing pasien.

Indikasi Operasi Lutut

Kondisi Lutut yang memerlukan Operasi
Kondisi Lutut yang memerlukan Operasi

Salah satu penyebab yang paling umum Anda perlu menjalani operasi pergantian lutut adalah adanya radang sendi. Berikut adalah jenis dari radang sendiri yang membuat Anda harus menjalani operasi:

  • Rheumatoid Arthritis, kondisi ini terjadi saat sendi lutut mengalami peradangan yang kronis. Penyebabnya adalah sistem kekebalan berbalik menyerang tubuh Anda. Penderitanya akan mengalami keluhan nyeri dan kaku pada bagian lututnya
  • Osteoarthritis, Jenis ini terjadi saat sendi lutut meradang karena pertambahan usia. Jenis yang satu ini kebanyakan penderitanya adalah lansia. Kendati demikian pada beberapa kasus juga bisa menyerang usia remaja.
  • Arthritis Pasca Trauma, radang sendiri ini terjadi karena adanya cedera serius pada sendi lutut Anda. Jenis radang ini bisa sembuh sendiri dalam waktu relatif singkat yaitu beberapa bulan saja. Namun ada juga penderita kronis atau terjadi dalam jangka panjang.

Meski mengalami indikasi atau menderita salah satu jenis dari ketiga radang sendi tersebut tentu tak semua orang bisa operasi.

Terlebih jika Anda merupakan penderita penyakit tertentu seperti kelainan fungsi otot tungkai, pembuluh darah yang parah dan lain sebagainya.

Persiapan Dalam Operasi Lutut

Konsultasi dengan Dokter Spesialis Ortopedi
Konsultasi dengan Dokter Spesialis Ortopedi

Sebelumnya sudah disinggung jika tak semua orang bisa langsung menjalani prosedur operasi lutut. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memastikan kondisi pasien lebih dulu.

Dalam hal ini dokter akan melakukan persiapan dengan memeriksa Anda secara menyeluruh mulai dari:

  • Memeriksa Riwayat kesehatan Anda
  • Melakukan pemeriksaan tentang kondisi fisik Anda secara umum
  • Mengambil foto rontgen
  • Melakukan tes darah pada Anda
  • CT Scan
  • Pemeriksaan MRI

Dari hasil semua pemeriksaan tersebut baru nantinya dokter akan menyimpulkan apakah Anda perlu menjalani operasi. Adapun bila memang harus operasi dokter akan menginformasikan tentang prosedurnya.

Anda juga akan diminta oleh dokter untuk berhenti mengkonsumsi obat tertentu seperti pengencer darah. Lebih lanjut biasa dokter juga akan menginformasikan tentang jenis obat bius yang nanti akan digunakan dalam operasi.

Oleh karena itu supaya aman penting sekali bagi Anda untuk menginformasikan pada dokter apabila mempunyai alergi tertentu pada obat bius.

Prosedur Operasi Lutut

Tujuan utama dari prosedur operasi pergantian lutut adalah mengganti sendi Anda yang sudah rusak dengan sendi prostetik yang terbuat dari bahan logam.

Mengenai bagian yang dilakukan pergantian meliputi ujung tulang paha, tulang kering, betis dan tulang tempurung lutut dengan tahapan berikut:

  • Anda akan diminta untuk berganti pakaian dengan jubah khusus operasi sebagai persiapan paling awal menjelang operasi
  • Memasang infus
  • Anda akan berbaring di meja operasi
  • Dokter akan menyuntikan bius umum pada Anda
  • Pemasangan kateter. Tujuannya adalah untuk menampung urin yang bisa saja keluar selama proses operasi berlangsung.
  • Kulit lutut akan diolesi cairan antiseptic. Tujuanya adalah menghindari infeksi yang mungkin terjadi selama proses dan setelah prosedur operasi berlangsung.
  • Melakukan insisi atau irisan kulit pada area lutut Anda. Umumnya irisan berukuran 6 hingga 10 cm. Fungsi dari irisan ini adalah sebagai pembuka bagian lutut.
  • Melakukan pemotongan dan membuang bagian sendiri yang mengalami kerusakan.
  • Melakukan pergantian bagian yang rusak dengan prostetik atau sendi buatan.

Setelah semua prosedur atau tahapan selesai maka tinggal menunggu Anda sadar dari pengaruh obat bius saja. Adapun setelah sadar biasanya akan dipantau dalam jangka waktu tertentu demi memastikan kondisi Anda dan keberhasilan operasi.

Bahkan bila sudah boleh pulang dari rumah sakit biasanya Anda juga perlu melakukan checkup. Tak lupa Anda juga pasti akan tetap mengkonsumsi obat-obatan tertentu agar proses pemulihan berjalan dengan baik.

Resiko Melakukan Operasi Lutut

Meski yang melakukan prosedur atau operasi dokter yang profesional dan mengikuti aturan yang ada tetap saja yang namanya resiko ada. Bahkan resiko itu bisa menimbulkan beberapa komplikasi bagi Anda seperti:

  • Adanya kerusakan pada saraf di daerah operasi.
  • Mengalami serangan jantung.
  • Terjadinya infeksi.
  • Menderita stroke emboli.

Selain komplikasi diatas Anda juga bisa saja mengalami infeksi selama masa pemulihan dengan gejala seperti demam, keringat dingin, bengkak, kemerahan, nyeri dan lain sebagainya.

Apabila memang Anda mengalami gejala stroke, serangan jantung atau yang lainnya sebaiknya segera ke instalasi gawat darurat. Dengan begitu gejalanya bisa segera mendapat penanganan dan tak menjadi semakin fatal.

Komplikasi lainnya yang juga perlu Anda waspadai adalah Aus atau terjadinya penggerusan sendi lutut prostetik yang sudah terpasang.

Kondisi ini bisa terjadi bila Anda sering melakukan kegiatan berat atau sering mengangkat beban yang sangat berat.

Kesimpulan

Operasi bagian lutut memang salah satu prosedur demi kesembuhan lutut Anda. Kendati demikian keberadaan resiko dan komplikasi pada operasi ini tentu harus membuat Anda lebih hati-hati terutama dalam memilih dokter maupun rumah sakit.

Tentu saja rekomendasi rumah sakit terbaik yang bisa Anda pilih adalah Royal Progress. Rumah Sakit Royal Progress memiliki layanan unggulan terbaik dan dokter spesialis Ortopedi dan Traumatologi yang ahli dibidangnya.

Salah satunya adalah dokter spesialis operasi lutut atau ortopedi. Pada kondisi darurat Anda juga bisa langsung menghubungi IGD RS Royal Progress.

Konsultasi

dr. Bobby N. Nelwan, SpOT (K)
Konsultan Sports Ortopedi & Artroskopi
Buat Janji
dr. Evan, M.Kes, Sp.OT(K), FICS
Konsultan Sports Ortopedi & Artroskopi
Buat Janji
dr. Yanuarso,SpOT (K), MHKes
Konsultan Rekonstruksi Lutut & Panggul
Buat Janji
dr. Toto Suryo Efar, SpOT
Spesialis Ortopedi & Traumatologi
Buat Janji